.

OLAHRAGA EKSTRIM

Posted by Berman HS Friday, October 10, 2014 0 comments

Olahraga Paling Ekstrim, Olahraga ekstrim/Extreme sports (disebut juga, action sports, aggro sports, and adventure sports) adalah istilah populer untuk Olahraga tertentu dirasakan sebagai kegiatan yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi yang melekat. Kegiatan ini sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tingkat tinggi, dan peralatan yang sangat khusus.

Berikut ini olahraga yang bisa digolongkan sebagai ekstrim, hanya tidak tampak begitu bagi mereka yang sudah terbiasa karena mereka telah menjadi begitu hampir setiap hari.

Beberapa Olahraga Dinilai cukup Ekstrim

Mountain biking (Sepeda Gunung)


Bersepeda gunung adalah olahraga mengendarai sepeda off-road, seringkali di medan kasar, dengan menggunakan sepeda gunung yang dirancang khusus. Sepeda gunung hampir sama dengan sepeda lainnya, tetapi menggabungkan fitur yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja di medan kasar.

Sepeda Gunung
Photo Mountain Biking by andy_c CC BY
Ini olahraga individual yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan keseimbangan, keterampilan sepeda dan kemandirian. Bersepeda gunung umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa kategori: cross country (XC), trail riding, all mountain, downhill, freeride, slopestyle, dirt jumping dan trials. Sebagian besar bersepeda gunung jatuh ke rekreasi cross country, dan kategori trail riding.

Volcano Boarding (Berselancar Di Gunung Berapi)


Berangkat ke Nikaragua di sebuah gunung di Amerika Tengah - satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat melemparkan diri ke bawah dari sebuah gunung berapi aktif.

Berselancar Di Gunung Berapi
Photo by Nicaplease General Public
Meluncur ke bawah dari ketinggian sekitar 2.380 kaki dengan papan kayu yang dirancang khusus mencapai kecepatan hingga 50 mph dan sepanjang waktu mengetahui bahwa gunung berapi ini masih muda dan telah meletus 20 kali sampai saat ini.

Kemiringannya adalah sekitar 41 derajat, sangat curam dan meskipun pendakian ke puncak membutuhkan waktu 45 menit, Anda yakin akan turun dalam sekejap.

Speed Riding/Speed flying


Speed Riding (juga dikenal sebagai Speed Flying) adalah olahraga ekstrim yang melibatkan kombinasi dari paralayang dan keterampilan ski. Ini adalah olahraga yang relatif baru yang berkembang pesat dan mendapatkan banyak perhatian.

Speed Riding
Photo Speedriding by Thermiknet CC BY
Bahaya dari Speed Riding, karena termasuk kategori olahraga ekstrim, terletak pada kenyataan bahwa mungkin merasa lebih aman daripada yang sebenarnya. Sementara bisa terbang beberapa meter di atas tanah, dengan kecepatan tinggi, dengan adrenalin yang intens. Ide di balik olahraga musim dingin ini adalah bahwa, ketika bermain ski, Anda dapat mengambil posisi ke udara ketika kondisi memungkinkan dan kemudian mendarat lagi ketika memilih demikian.

Cliff Diving (Menyelam Dari Tebing)


Menambahkan dimensi baru bagi olahraga menyelam, Cliff Diving didefinisikan sebagai kesempurnaan akrobatik menyelam ke dalam air dari tebing yang tinggi. Menantang batu-batu kasar, penyelam terjun dari atas memukul keras ke dalam air. Kegiatan telah berkembang menjadi sebuah olahraga yang ditandai dengan keberanian besar, fokus, sensasi dan resiko.

Cliff Diving
Photo Cliff Diving by Jon Rawlinson CC BY
Cliff diving adalah salah satu jenis menyelam yang beresiko, maka kehati-hatian adalah suatu keharusan. Untuk kepentingan penyelam, standar tertentu telah diatur untuk meminimalkan faktor resiko. Beberapa di antaranya adalah menentukan tinggi lompatan (23 - 28 meter untuk laki-laki, 18 - 23 meter untuk wanita), kecepatan memasuki air ideal 75 - 100 km/jam, dan waktu jatuh bebas dari 3 detik.

Slacklining (Keseimbangan)


Slacklining
Photo Slacklining by vinceA CC BY-SA
Slacklining adalah praktek dalam keseimbangan yang biasanya menggunakan nilon atau poliester anyaman dikencangkan antara dua titik jangkar. Ketegangan baris dapat disesuaikan agar sesuai dengan pengguna dan berbagai jenis anyaman dapat digunakan untuk mencapai berbagai prestasi. Garis itu sendiri biasanya datar, karena sifat dari anyaman, sehingga menjaga pondasi itu dari bergulir, seperti yang menjadi kasus dengan tali biasa. Sifat dinamis dari garis memungkinkan untuk trik dan stunts.

Rock climbing (Panjat Tebing)


Panjat Tebing
Photo Rock Climbing by Burtonpe CC BY-SA Wikimedia

Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut fisik dan mental, salah satunya menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental. Ini bisa menjadi olahraga yang berbahaya dan pengetahuan teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan pendakian khusus sangat penting untuk penyelesaian yang aman dari rute. Karena berbagai macam dan berbagai formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi beberapa gaya yang berbeda-beda dan sub-disiplin.

Wingsuit flying


Wingsuit flying
Photo Wingsuit Flying by Richard Schneider CC BY-SA
Wingsuit flying adalah olahraga terbang melalui udara menggunakan jumpsuit khusus, yang disebut wingsuit, yang menambah luas permukaan tubuh manusia untuk memungkinkan peningkatan yang signifikan di udara. Sebuah penerbangan wingsuit biasanya berakhir dengan pembukaan parasut, sehingga wingsuit dapat diterbangkan dari setiap titik yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk melayang di udara, seperti pesawat skydiving atau Basejump dan memungkinkan parasut untuk bekerja.

Big wave surfing (Berselancar Dengan Ombak Besar)


Big wave surfing adalah olahraga ekstrim yang paling populer di dunia dan merupakan tes kelincahan dan waktu.

Disiplin dalam berselancar di mana peselancar berpengalaman mendayung atau bergerak ke gelombang yang tingginya setidaknya 20 kaki (6,2 m) atau lebih. Ukuran ombak dibutuhkan untuk berhasil surfing bervariasi pada suatu gelombang serta teknik surfer digunakan untuk mencapai gelombang tersebut. Sebuah papan yang lebih besar, lebih panjang memungkinkan pengendara untuk mendayung cukup cepat untuk menangkap gelombang dan memiliki keuntungan menjadi lebih stabil, tetapi juga membatasi manuver dan kecepatan berselancar.

Berselancar, Ombak Besar
Photo Big Wave Surfing by Shalom Jacobovitz CC BY-SA
Dalam ombak dengan gelombang besar, gelombang dapat mendorong peselancar turun 20 sampai 50 kaki (6,2 m sampai 15,5 m) di bawah permukaan. Setelah mereka berhenti berputar, mereka harus mendapatkan kembali keseimbangan mereka dan mencari tahu jalan mana yang sudah habis. Surfers mungkin memiliki kurang dari 20 detik untuk sampai ke permukaan sebelum gelombang berikutnya. Selain itu, tekanan air pada kedalaman 20-50 meter bisa cukup kuat untuk mempengaruhi gendang telinga seseorang. Arus yang kuat dan tindakan air pada kedalaman tersebut juga dapat membanting surfer ke karang atau dasar laut, yang dapat mengakibatkan cedera parah.

Bungee Jumping


Bungee Jumping
Photo Bungee Jumping by Carla MacNeil CC BY
Ini olahraga ekstrim melibatkan melompat dari struktur tinggi saat dihubungkan ke kabel elastic yang besar. Struktur tinggi biasanya benda tetap, seperti jembatan, gedung atau crane. Bungee Jumping terus tumbuh dalam popularitasnya dan sekarang dipandang sebagai salah satu olahraga ekstrim paling mudah karena tingkat keterampilannya.

Getaran berasal dari jatuh bebas dan rebound. Ketika orang melompat, kabel membentang dan jumper terbang ke atas lagi sebagai kebalikannya, dan terus berosilasi naik dan turun sampai semua energi normal.

Sumber:  http://www.aura-ilmu.com/2013/01/9-Olahraga-Yang-Paling-Ekstrim-Di-Dunia.html

Inilah Olahraga Paling Ekstrim Di Dunia

Olahraga Paling Ekstrim Di Dunia
Olahraga yang berlabel ekstrem hampir semuanya identik dengan olahraga outdoor. Extreme sport memang memiliki tingkat resiko bahaya yang tinggi dan dapat memompa adrenalin lebih cepat. Secara umum, olahraga ekstrim cenderung memiliki target demografis pada orang-orang yang lebih muda daripada olahraga lainnya, bersifat soliter dibandingkan olahraga lainnya terkecuali rafting dan paintball karena olahraga ini dilakukan secara tim. Meskipun resiko bahaya di depan mata begitu besar tapi, banyak orang masih melakukannya. Bisa dikatakan mereka ini the ultimate adrenalin junkies.
Menurut wiki, definisi dari olahraga ekstrim sebenarnya kurang tepat. Asal-usul istilah extreme sport sendiri tidak jelas, tetapi istilah ini mulai populer pada tahun 1990-an ketika marketing dari beberapa perusahaan berusaha mempromosikan program mereka seperti X Games dan Extreme Sports Channel yang kemudian disusul peluncuran situs Extreme.com. So, seperti apa 5 olahraga paling ekstrim di dunia? Okay, simak sajian berikut:

Lima Olahraga Terekstrim di Dunia

1. Base Jumping

Extreme Sports BASE JumpingOlahraga yang satu ini menduduki posisi paling atas diantara olahraga paling berbahaya di dunia. Dilaporkan bahwa terjadi 1 kematian untuk setiap 2.317 lompatan. Sebenarnya olahraga ini hampir mirip dengan terjun payung hanya saja waktu pendaratan yang jauh lebih singkat sehingga meningkatkan resiko kegagalan dalam mengembangkan parasut saat mendarat. Pada olahraga BASE Jumping, si atlet yang disebut Jumper melemparkan diri dari salah satu struktur BASE. Kata BASE sendiri banyak diartikan sebagai Building (gedung), Antena (antena), Span(Jembatan) dan Earth(Bumi) yang mengacu pada tebing. Sebelum mendarat, parasut harus membentang dengan sempurna agar pendaratannya bisa aman. Jika parasut tidak membentang dengan sempurna atau gagal, maka resikonya adalah maut.

2. Tow-In Surfing


Tow-in Surfing berbeda dari surfing pada umumnya. Tantangannya adalah gelombang yang jauh lebih besar kemudian si surfer juga harus ditarik ke gelombang dengan menggunakan jet ski atau helikopter. Resiko yang akan dialami juga jauh lebih besar. Diibaratkan seperti jatuh tertimpa gedung bertingkat. Laird Hamilton sang pelopor Tow-In Surfing mengatakan “Sensasinya seperti kombinasi dari terbang, berlayar dan bergerak secepat yang pernah kamu lakukan.”
Tow-in Surfing adalah teknik berselancar dengan menggunakan bantuan yang bertujuan agar para surfer memungkinkan untuk menangkap gelombang bergerak lebih besar dan lebih cepat dari surfing konvesional. Tow-in surfing diciptakan untuk peselancar yang ingin menangkap gelombang besar dan menerobos hambatan sebesar 30 kaki. Olahraga ini menjadi salah satu terobosan terbesar dalam sejarah dunia selancar.

3. Free Solo Climbing

Free Solo ClimbingPanjat tebing termasuk olahraga yang sulit dan memiliki resiko yang tinggi. Sekarang bayangkan jika kalian melakukannya tanpa menggunkan tali pengaman dan peralatan lainnya. Yup, seperti itulah olahraga ekstrem free solo climbing ini. Mereka harus mampu menopang seluruh berat badan mereka hanya dengan menggunakan ujung jari dan telapak kaki, sambil mempertahankan konsentrasi penuh agar mereka tidak jatuh. Satu kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal.
Seperti kebanyakan olahraga ekstrem lainnya, meski resiko besar ada di depan mata tapi para atlet-atlet pada olahraga yang satu ini seperti tak punya rasa takut khususnya pada ketinggian. Semakin hari perkembanggannya semakin pesat terutama pada medan yang mereka tanjaki. Bukan lagi sekedar memanjat tebing yang curam tapi, mereka juga mulai menanjaki gedung-gedung pencakar langit di dunia. Sebut saja Alain Robert yang dijuluki si Spiderman. Julukan ini merujuk pada beberapa aksinya yang fenomenal seperti memanjat gedung Petronas di Malaysia setinggi 452 meter atau 1,483 kaki dan juga Burj Khalifa setinggi 828 meter atau 2,717 kaki.

4. Wingsuit Flying

Wingsuit FlyingDalam keterbatasan manusia selalu berupaya membuat inovasi. Manusia sejatinya tidak bisa terbang karena tidak memiliki sayap. Namun, keterbatasan ini tidak menyurutkan orang-orang untuk bisa terbang layaknya burung. Wingsuit pertama kali digunakan pada tahun 1930′an oleh seorang remaja berusia 19 tahun dari Los Angeles, America. Hingga pada pertengahan 1990′an muncullah kreasi Wingsuit modern sebagai penyempurnaan pada model sebelumnya.
Wingsuit Flying adalah olahraga ekstrem dengan menerbangkan tubuh di udara menggunakan wingsuit. Wingsuit sejatinya adalah sayap buatan berupa jumpsuit khusus didesign untuk terbang melayang di udara. Untuk bisa menikmati olahraga ini, para penerbang harus berada pada ketinggian tertentu kemudian terjun bebas dan melayang diudara sambil membentangkan sayap layaknya burung. Olahraga ini hanya diperbolehkan untuk para skydiver yang setidaknya sudah pernah melakukan 200 kali terjun dari udara.

5. Limbo Skating

Limbo Skating
Olahraga yang satu ini sangat populer di India. Limbo skating adalah olahraga ekstrem yang menggunakan sepatu roda. Para atlitnya harus mampu melewati dibawah rintangan. Rintangan yang diciptakan bisa apa saja seperti tiang horisontal yang dibuat serendah mungkin atau dibawah mobil. Tentu saja Limbo skating sangat membutuhkan kelenturan tubuh yang ekstra. Mengapa demikian? Karena kedua kaki si atlit harus bisa direntangkan dengan wajah hampir menyentuh permukaan tanah.
Saat ini atlit yang telah memecahkan rekor di Guinness World Record untuk Limbo skating adalah remaja berusia 12 tahun Rohan Kokane. Rohan memecahkan rekor karena berhasil meluncur dibawah ketinggian 9.84inci atau 25cm dari permukaan tanah dengan jarak 10meter. Tertarik mecoba? Anda harus berlatih melenturkan tubuh terlebih dahulu sebelum mencoba olahraga ekstrem yang satu ini. Jika tidak, hati-hati dengan wajah Anda yang akan berciuman dengan aspal atau malah kepala Anda yang akan terbentur.

Sumber:  http://www.5fakta.com/headlines/456/olahraga-paling-ekstrim-di-dunia/

6 Olahraga Ekstrim Yang Ada di Dunia

Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Pada umumnya, olahraga yang biasa di lakukan orang-orang terbilang sederhana seperti berjogging atau senam. Akan tetapi, terdapat olahraga yang sangat ekstrim di dunia ini, olahraga yang membutuhkan nyali yang besar. Inilah 7 olahraga ekstrim di dunia :

1. Street Luging


Street luging merupakan olahraga yang sangat terkenal di luar negeri bahkan sudah ada kejuaraannya. Sepintas olahraga ini terlihat seperti permainan papan seluncur biasa layaknya skateboarding. Keunikan yang paling kentara dari olahraga ekstrim ini adalah posisi berbaring di atas papan. Jadi, pemain street luge merebahkan tubuhnya di atas papan seluncur khusus olahraga tersebut, lalu meluncur di trek menurun yang sangat berbahaya. Pemain menggerakkan tubuhnya untuk mengatur akselerasi sehingga dapat meliuk-liuk dengan teratur.
2. Bull Running

Lari dari Kejaran Banteng’, merupakan suatu olahraga dimana kamu akan berlari lebih cepat dari kejaran banteng. Setiap Juli di Pamplona, Spanyol kerumunan orang akan menempatkan diri mereka di depan kurang lebih selusin banteng. Kegiatan ini dilakukan untuk merayakan perpindahan banteng-banteng di kampung mereka. Kalau kamu berumur lebih dari 18 tahun, punya nyali besar, dan berkeyakinan besar bisa berlari cepat menghindari banteng. Olahraga ini bisa dijadikan suatu alternatif. Cukup bermain saja ke Pamplonia, Spanyol. Sekedar informasi tambahan bahwa belasan orang telah tewas dalam olahraga ini.
3. Volcano Boarding

Meluncur kebawah dengan kecepatan 80.5 km/jam dengan sebuah papan merupakan olahraga yang sudah cukup menguji adrenalin. Tetapi bagaimana jika dilakukan di sebuah gunung berapi yang masih AKTIF. Pasti sangat-sangat menantang dan memberikan sensasi luar biasa. Berada di Gunung Nikaragua Cerro Negro dengan ketinggian 2.380 kaki merupakan tempat yang sangat keren bagi para pecinta olahraga ekstrim. Peselancar harus mendaki terlebih dahulu kurang lebih 45 menit dan kemudian akan meluncur seketika yang kadang diiringi oleh ledakan-ledakan gunung berapi ini. Walaupun olahraga ini sangat ektrim namun setidaknya sudah lebih dari 10.000 pecandu adrenalin yang berselancar di gunung ini.
4. Slacklining

SlackLining merupakan salah satu olahraga terekstrim lainnya dimana kamu harus dapat menyeimbangkan badan kamu untuk berjalan di atas tali yang terbuat dari anyaman nilon. Keseimbangan badan mutlak harus kamu miliki agar tidak terjatuh dari ketinggian ribuan meter. Schou Kristen merupakan seorang slackliner yang memegang Guiness World of Record dengan slackline tertinggi di Kjerag Norwegia pada ketinggian 3.280 kaki (1000 meter) – setara dengan 3 kali tinggi menara Eiffel.
5. Downhill Mountain Biking



Olahraga ekstrim yang satu ini berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 1970-an.pada tahun-tahun pertama kemunculan permainan ini masih menggunakan sepeda yang sederhana dan tidak cocok untuk medan tempur berbatu dan terjal sehingga banyak sepeda yang hancur dalam permainan ini.tetapi sat ini sepeda gunung telah di sempurnakan dengan adanya rem cakram,suspensi,gigi percepatan,dan body yang lebih ringan dan kuat.sehingga lebih savety dan nyaman bagi pengendaranya yang menggantungkan diri pada sepedanya mengingat olahraga ini termasuk ekstrim karena sepeda ini menuruni bukit dengan kecepatan tinggi, sehingga di sebut downhill (turun bukit).
6. Free Running dan Parkour

Freerunning adalah bentuk akrobat perkotaan di mana peserta, yang dikenal sebagai pelari bebas, menggunakan kota dan lanskap pedesaan untuk melakukan gerakan-gerakan melalui struktur nya. Ini menggabungkan gerakan efisien dari parkour, dan menambah kubah estetika dan akrobat lainnya, seperti menipu dan stunts jalanan, menciptakan cara yang atletis dan estetis bergerak. Hal ini umumnya dilakukan di gimnasium dan di daerah perkotaan yang penuh dengan rintangan. Berjalan bebas Istilah ini diciptakan selama pembuatan film Langsung London, sebagai cara untuk menyajikan parkour ke dunia berbahasa Inggris. Namun, berlari bebas istilah telah datang untuk mewakili sebuah konsep yang terpisah, jelas berbeda dari parkour - suatu pembedaan yang sering tidak terjawab karena kesamaan estetika. Parkour sebagai suatu disiplin menekankan efisiensi, berlari bebas sementara mewujudkan kebebasan penuh gerakan - dan termasuk banyak manuver akrobatik. Meskipun kedua fisik sering mirip, pola pikir masing-masing sangat berbeda.
 
Sumber:  http://topieks.blogspot.com/2014/04/7-olahraga-ekstrim-yang-ada-di-dunia.html
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: OLAHRAGA EKSTRIM
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rabbanisibolis.blogspot.com/2014/10/olahraga-ekstrim.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Follow

Follow
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Tips-Tips & Unik.

Jam Kita