.

Jaturungkabart

Posted by Berman HS Saturday, January 3, 2015 0 comments

Jaturungkabart

Sang Pelindung, Jaturungkabart
Sejarah Thailand menceritakan kisah keagungan raja-raja yang pernah berkuasa. Pada tahun 1605, hidup seorang raja yang perkasa, Raja Naresuan, yang sangat ahli dalam berperang. Pada masa itu pula, lahir Muay Thai, bela diri asli dari Thailand. Muay Thai adalah martial art yang digunakan oleh pasukan kerajaan sebagai salah satu senjata untuk berperang. Terlihat bagaimana kesungguhan Raja Naresuan untuk melindungi rakyatnya dari berbagai ancaman. Dari situ, terbentuklah pasukan elit dengan tugas khusus untuk melindungi raja dalam pertempuran. Pasukan pelindung, Jaturungkabart.
Jaturungkabart adalah sebutan bagi prajurit di Thailand yang bertanggung jawab untuk melindungi gajah perang yang ditunggangi oleh raja. Jaturungkabart melindungi kaki gajah, sebagai titik kelemahannya. Jika gajah perang itu jatuh, maka raja akan tertangkap dan dapat dipastikan kerajaan tersebut akan kalah. Jaturungkabart berperang dengan pedang, tombak, atau panah. Ketika mereka kehilangan senjata, mereka gunakan Muay Thai atau Muay Koshasan (elephant boxing). Muay Thai punya tiga ciri utama: hentakan (stamp), gulat (grapple),dan berguling (roll). Muay Koshasan berbeda dengan Aikido. Jaturungkabart, pejuang kuno yang dikenal tidak pernah terkalahkan, oleh karena itu Thailand tidak pernah terkalahkan oleh siapapun.
Apakah Jaturungkabart ini seorang mnusia biasa? Ini pertanyaan yang bagus. Mungkin mereka hanyalah manusia biasa dengan kemampuan bertarung yang luar biasa, atau mungkin mereka adalah manusia yang diyakini utusan Tuhan untuk mempertahankan Thailand dan melindungi raja. Bukan merupakan suatu keajaiban atau keberuntungan bahwa prajurit yang terlupakan ini, yang membela Thailand, memang tidak pernah terkalahkan.
Namun, yang ingin saya petik dari seorang Jaturungkabart adalah sikap gagah berani dan memiliki rasa nasionalisme serta jiwa patriotik. Bukan keahlian berperang dengan pedang atau kemampuan Muay Thai yang luar biasa, tapi rasa kesetiaan dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang Jaturungkabart, yang seharusnya dimiliki oleh pemuda-pemuda Indonesia. Sesungguhnya kita sebagai generasi muda, generasi yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan negeri ini. Siapa lagi yang akan berperan dan bertanggung jawab atas bangsa indonesia kalau bukan kita? Semoga tulisan singkat dan sederhana ini mampu membuka pikiran, mata, dan hati para generasi muda bangsa Indonesia.
Yang memperkenalkan ini adalah seorang aktor laga Tony Jaa.

Sumber:https://muhammadermando.wordpress.com/2014/02/15/the-protector-jaturungkabart/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jaturungkabart
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rabbanisibolis.blogspot.com/2015/01/jaturungkabart.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Follow

Follow
Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Tips-Tips & Unik.

Jam Kita